Android, meskipun semua upaya optimasi oleh Google, cenderung melambat dengan penggunaan dari waktu ke waktu. Runtime ART baru terbukti lebih baik dari mesin Dalvik tua dalam kinerja, tapi tentu saja, hal itu tidak bisa menghentikan aplikasi dari membuat file sampah yang memakan sumber daya pada perangkat Android Anda. Hal ini menyebabkan kinerja sistem untuk mengambil hit. Saat itulah Anda harus membawa aplikasi peningkat performa untuk menjalankan beberapa optimasi atau tugas pemeliharaan. Maka dari itu membutuhkan untuk membebaskan penyimpanan, mencegah menurunnya dan mempercepat operasi.

 Sekarang sudah banyak aplikasi Android untuk setiap jenis tugas pemeliharaan seperti cache-membersihkan, mengoptimalkan boot-up, meningkatkan kecepatan prosesor, hibernate aplikasi, membatasi data latar belakang dan pengaturan perangkat ke modus hemat daya. Berikut adalah 4 dari yang terbaik pengoptimalan Android :

1.ROM Toolbox Lite
ROM Toolbox Lite adalah  paket all-in-one yang menawarkan berbagai alat-alat penting untuk mengelola Android Anda. Hal ini dapat digunakan untuk backup dan restore aplikasi, mengubah font sistem, mengelola file, dll
versi premium membuka fitur tambahan seperti aplikasi finder, cache cleaner, prosesor controller, penyimpanan optimizer, dll Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola aplikasi dan melakukan berbagai tweak dalam sistem, yang akan meningkatkan kinerja perangkat dan hasil dalam kinerja yang lebih baik.

2. 3C Toolbox
3C Toolbox adalah alat manajemen all-in-satu perangkat yang memungkinkan pengguna untuk men-tweak dan software kontrol serta perangkat keras. Beberapa fitur yang terintegrasi dan alat-alat yang CPU Control, Layar Tweaks, Manajemen RAM, Baterai Kalibrasi, System Optimizer, dll

3.360 Security
360 Security adalah solusi multi-fitur keamanan. Aplikasi memeriksa malware dan berbagai file berbahaya lainnya yang mungkin tersembunyi jauh di dalam sistem perangkat Android Anda dan menyingkirkan mereka untuk Anda. Hal ini juga dapat Cache bersih dan data sementara yang dikumpulkan oleh aplikasi yang terinstal.

4.DU Speed Booster
DU Speed Booster adalah aplikasi yang sangat berguna dan user-friendly – ia menawarkan desain yang cantik dengan fitur yang berguna. Aplikasi ini menyediakan berbagai alat yaitu penguat memori, sampah bersih, akselerator telepon, penguat permainan dan kecepatan jaringan meteran.

Itu dia Aplikasi untuk Meningkatkan dan Optimalkan Smartphone Android Anda,semoga bermanfaat 🙂