Mengatur keuangan pribadi adalah hal yang tidak sesimpel kelihatannya. Nyatanya, banyak yang mengeluh ketika di akhir bulan harus banyak berhemat karena ternyata gajinya sudah dihabiskan pada pertengahan awal bulan. Janji untuk menabung pun hanya sekedar memori saja dan hasilnya saldo tabungan di rekening hanya cukup untuk hidup sehari-hari. Tidak ada budget tambahan untuk asuransi, tidak ada sisa yang bisa ditabung untuk kebutuhan di masa depan, dan kesejahteraan Anda pun hanya di situ saja karena manajemen keuangan yang buruk. Mulai merubah manajemen keuangan Anda dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di bawah ini yang bisa membantu Anda untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan lebih terkontrol.

1.     Mint

Rekomendasi aplikasi budgeting yang pertama adalah Mint. Dengan aplikasi ini Anda bisa memantau ke mana saja pengeluaran Anda pergi, kapan tagihan harus dibayar, berapa saja hutang yang Anda miliki, dan membuat rencana budget untuk keperluan Anda misalnya budget untuk keperluan sehari-hari, untuk kebutuhan hiburan, untuk liburan, dan sebagainya. Mint juga dilengkapi dengan teknologi AI yang bisa memberikan saran untuk mengatur keuangan lebih bijak dinilai dari pola pengeluaran Anda.

2.     You Need A Budget

Kadang orang mengatur budget bulanannya di luar kemampuan sebenarnya. Maka tidak heran jika banyak orang yang terjebak dengan hutang dan tagihan. Dengan aplikasi ini Anda dipaksa untuk hidup dari uang yang Anda miliki dan membantu Anda untuk lepas dari pola hidup paycheck to paycheck artinya Anda cenderung menghabiskan gaji Anda dalam satu bulan tanpa memikirkan kebutuhan jangka panjang. Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar yang dilengkapi dengan fitur konsultasi keuangan untuk membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih bijak termasuk bagi yang punya hutang.

3.     Wally

Jika Anda ingin memulai mengatur pola keuangan yang lebih sehat dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu, Wally adalah aplikasi yang tepat. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mencatat segala macam pengeluaran tanpa harus diketik satu-satu item yang Anda bayar. Dengan Wally Anda bisa tinggal hanya mengambil foto struk belanja dan secara otomatis ke mana saja uang Anda pergi bisa dilihat dalam susunan yang rapi dan terorganisir.