Salah satu komponen yang ada di smartphone yaitu RAM. RAM begitu berperan ketika kita melakukan sesuatu di perangkat kita. Sebagai contoh, ketika kita mengedit foto baik foto dan aplikasi yang kita gunakan untuk mengedit berada di RAM perangkat; ketika kita selesai mengedit foto tersebut kemudian disimpan ke storage perangkat sehingga tidak bisa hilang. Semakin banyak RAM yang kita miliki semakin kita dapat melakukannya, jadi misalnya kita memiliki tab browser lebih yang sedang terbuka, banyak aplikasi yang sedang berjalan atau sistem fitur yang sedang di gunakan itu berkat ketersediaan RAM. Jika tidak ada RAM semua itu tidak dapat berjalan dan di buka.

Masalah dengan RAM adalah bahwa memori RAM yang penuh yang menghambat jalannya aplikasi, hal itu cukup membuat kita terkadang merasa jengkel. Nah bagaimana agar memori RAM bisa kita hemat? agar aplikasi bisa terus berjalan. Ingin tahu caranya? berikut cara menghemat memori RAM di smartphone.

Batasi Pemakaian Widget dan Wallpaper Hidup
3 Cara Terbaik Menghemat Memori RAM Di Smartphone (2017)

Widget dan wallpaper hidup keduanya cukup menguras penggunaan RAM. Disamping menguras RAM hal Ini juga dapat menyebabkan baterai cepat habis. Jadi perlu di ingat, kita harus membatasi pemakaian keduanya

 

Non-aktifkan Aplikasi

3 Cara Terbaik Menghemat Memori RAM Di Smartphone (2017)

Beberapa aplikasi pasti memerlukan RAM bahkan jika tidak sedang digunakan pun. Nah jika kita ingin menghemat memori RAM non-aktifkan beberapa aplikasi yang tidak terpakai .

Untuk menonaktifkan aplikasi  pergi ke Settings – Apps atau Aplikasi Manager – pilih aplikasi yang ingin di non-aktifkan – pilih disable

3 Cara Terbaik Menghemat Memori RAM Di Smartphone (2017)

Non-aktifkan Animasi

Animasi sering sekali mengambil banyak memori RAM , kita dapat mengatur ini dalam opsi developer. Untuk mengaktifkan opsi developer pada perangkat kita, pergi ke Settings – About Phone – tap sekitar 7x pada pilihan build number sampai ada notifikasi bahwa kita telah menjadi developer. (Harap dicatat bahwa ini tidak memiliki efek negatif pada perangkat kita, itu hanya menambah menu pilihan developer dalam pengaturan kita. Kita hanya perlu hati-hati dalam pengaturannya). 

3 Cara Terbaik Menghemat Memori RAM Di Smartphone (2017)

Setelah itu kita ke pengaturan telepon dan gulir ke bawah ke Options Developer. Selanjutnya, pergi ke bagian Drawing
3 Cara Terbaik Menghemat Memori RAM Di Smartphone (2017)