1

Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai 3 Browser Android untuk jelajahi internet bebas iklan, Bagi sebagian orang, salah satu masalah cukup menyebalkan ketika menjelajahi internet adalah iklan. Kadang-kadang, iklan muncul secara tiba-tiba dan membuat konten yang ingin kita lihat menjadi terhalang atau bahkan tertutupi.

Tak hanya itu, keberadaan iklan juga bisa berpengaruh terhadap kecepatan mengakses sebuah situs web. Makin banyak iklan yang ditampilkan membuat ukuran data lebih besar dan waktu muat (load) lebih lama.  Namun masalah itu bisa diatasi karena beberapa browser, khususnya di ponsel Android, telah dibekali kemampuan ad-blocker (pemblokir iklan). Karena itu, kamu bisa menjelajahi internet tanpa gangguan.

  • Opera Mini

Browser perusahaan asal Norwegia ini memang dikenal menawarkan waktu muat yang cepat karena dibekali fitur kompresi. Namun tak hanya itu, Opera Mini juga memiliki fitur pemblokir iklan yang dianggap mengganggu. Penggunaan fitur pemblokir iklan di Opera Mini dipastikan membuat akses internet menjadi lebih cepat. Waktu muat sebuah situs juga lebih cepat 40 persen ketimbang saat fitur ini tak diaktifkan.

Fitur ini juga sangat membantu di kala kuota internet mulai menipis. Berkat teknologi kompresi dari Opera Mini, fitur pemblokir iklan dapat menghemat data hingga 90 persen. Untuk mengaktifkannya, kamu cukup membuka menu ‘O’ di Opera Mini, lalu pilih Ad Blocking. Cara lain untuk mengaktifkan fitur ini bisa melalui menu Data Savings.

  • UC Browser2

    Browser ini sebenarnya menawarkan beberapa fitur akses internet cepat, salah satunya untuk Facebook. UC Browser sudah cukup lama mengadopsi fitur pemblokir iklan, yakni sejak 2014. Fitur ini hadir agar pengguna dapat lebih aman mengakses internet, terutama ketika membuka situs yang terindikasi memiliki iklan berbahaya. Mengaktifkan fitur ini juga terbilang mudah. Pengguna cukup membuka menu utama dan pilih Ad Block. Pengguna juga dapat memperkuat fitur ini dengan memblokir sticky Ads.

  • Dolphin Browser
    3

    Fitur pemblokir iklan di Dolphin Browser sedikit berbeda dari dua browser sebelumnya karena pengguna harus mengunduh add-on terlebih dulu. Pengguna dapat mengunduh tambahan pemblokir iklan melalui tautan tertentu. Setelah diunduh, pengguna dapat langsung memasangnya. Namun perlu diperhatikan, sebelum itu aktifkan pemberian izin untuk memasang aplikasi dari pihak ketiga. Untuk mulai mengaktifkan pemblokir iklan di Dolphin, pengguna cukup membuka menu dengan ikon lumba-lumba. Setelah itu pilih ‘Settings’, lalu aktifkan fitur Adblock.

    Jadi untuk kalian para pengguna Android yang ingin browsing bebas iklan mungkin bisa menggunakan ke 3 aplikasi di atas agar browsing kalian lebih cepat tentunya juga bebas iklan, selamat mencoba