​Tips Menggunakan Laptop Yang Benar Untuk Kesehatan – Menggunakan laptop sekarang ini menjadi suatu kebutuhan yang bisa di bilang sudah menjadi partner kerja yang setia, karena di mana seseorang melakukan pekerjaan akan lebih mudah jika ada teman setia berupa laptop. menggunakan laptop yang terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakitbatkan dampak buruk bagi kesehatan. Adanya keluhan-keluhan  yang tanpa kita sadari berasal dari cara penggunaan laptop yang tidak benar.

Untuk menghindari terjadinya dampak buruk dalam menggunakan laptop masih bisa di atasi mulai dari sekarang. Dampak yang terjadi dari penggunaan laptop yang tidak benar seperti sakit mata, pegal-pegal, dll ada beberapa tips yang dapat di lakukan yaitu :

1. Posisi Duduk Yang Benar
­­Posisi duduk yang benar adalah dengan menempatkan layar laptop sejajar dengan mata, hal ini akan mengurangi posisi membungkuk. Jangan meletakkan laptop pada pangkuan, karena radiasi dari panas laptop dapat menggangu kesehatan, maka tempatkan laptop pada meja. Perhatikan posisi duduk, usahakan buat posisi duduk senyaman mungkin agar terhindar dari dampak sakit pinggang. Jangan menggunakan laptop dengan posisi tengkurap, dan dengan kepala diletakkan di atas bantal karena setelah beberapa menit akan mengakibatkan leher jadi sakit.

2. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar
Atur kecerahan atau contrass layar monitor pada posisi normal, jangan terlalu cerah ataupun terlalu gelap karena akan meyebabkan mata bekerja lebih ekstra untuk dapat melihatnya.

3. Gunakan Mouse
Walaupun pada laptop sudah tersedia  touchpad, alangkah baiknya jika menggunakan mouse. Karena dengan meggunakan  touchpad dalam jangka panjang, pergelangan tangan akan lebih cepat lelah.

4. Pasang Screen Protector
Manfaat Screen Protector dapat mengurangi jumlah radiasi yang dipaparkan oleh layar monitor laptop ke mata. Ada lagi alat seperti kaca mata yang khusus untuk meredakan sinar biru layar monitor. Dengan menggunakan kacamata tersebut, dapat mengurangi kelelahan mata akibat terlalu lama di depan layar laptop.

5. Berkedip
Memandang layar monitor laptop usahakan untuk berkedip, walaupun hal ini sepele tapi ini sangat berpengaruh untuk kesehatan mata. Dengan berkedip secara tidak langsung mata terlumasi jadi dapat  menjaga mata agar tidak kering

6. Stretching
Stretching atau melakukan peregangan otot berfungsi untuk menenangkan otot yang tegang agar menjadi rileks. Melakukan stretching tidak memerlukan waktu yang lama, bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu dengan menolehkan kepala ke kiri maupun ke kanan. Ke atas maupun ke bawah.

Stretching sudah menjadi satu bagian dalam proses belajar di Dumet School, hal tersebut di lakukan tak lain agar murid-murid yang kursus web master, web design, web programming atau pun membuat animasi dengan kursus flash animation dan menjalankan cara marketing dengan kursus digital marketing menjadi rileks dan nyaman dalam proses belajarnya.

Itulah beberapa tips menggunakan laptop yang benar untuk kesehatan, jangan sampai perkembangan teknologi mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh seseorang. Kesehatan yang terjaga akan menjadi modla utama untuk perkembangan teknologi selanjutnya.